Kapal Selam Nanggala 402 Hilang Kontak

Kapal Selam Nanggala 402 Hilang Kontak

sntekno.com – Hallo sobat sntekno kembali lagi bersama mimin pada kesempatan kali ini mimin akan membahas seputar yang sedang trend saat ini, seperti hilangnya Kapal Selam Nanggala 402 Hilang Kontak.

Hilangnya kapal selam nanggala 402 yang hilang kontak akan menjadi pembahsan kali ini. Kapal milik TNI angkatan laut ini dikabarkan hilang kontak di laut perairan Bali pada hari Rabu (21/4) pada dini hari.

Kapal tersebut dikabarkan mulai melakukan penyelaman sekitar pukul 03.00WIB. KRI Nanggala-402 merupakan sau dari lima kapal selam TNI AL yang menjalani uji coba latihan di perairan selat Bali.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispen) Laksamana Pertama Julius Widjojono mengatakan kapal tak melakukan kontak lagi setelah melakukan penyelaman.

Kapal Selam Nanggala 402 Hilang

Menanti Kabar soal Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang di Bali
Sumber Foto : news.detik.com

Setelah kapal dikabarkan hilang, TNI AL langsung melakukan pencarian oleh KRI Gusti Ngurah Rai (GNR-332) dan KRI Diponegoro (DPN-365) menggunakan sonar aktif di sekitar lokasi penyelaman KRI Nanggala-402 dengan metode Cordon 2000 yards. Tapi nihil.

Kemudian, sekitar pukul 07.00 WIB dilaksanakan pengamatan udara dengan helikopter dan ditemukan tumpahan minyak di sekitar posisi penyelaman KRI Nanggala.

Tumpahan minyak itu diduga akibat kerusakan tangki BBM kapal buatan Jerman itu karena tekanan air laut atau pemberian sinyal posisi dari KRI NGL-402.

Terdapat 53 awak dalam kapal tersebut. Berdasarkan keterangan TNI AL, awak terdiri atas 49 anak buah kapal, 1 komandan satuan, 3 personel arsenal. Letkol Laut (P) Geri Octavian yang mengoperasikan kapal tersebut.

Pantauan Pencarian

Dugaan sementara, kapal itu berada pada kedalaman 600-700 meter. Kedalaman tersebut diketahui melebihi kemampuan kapal yang memiliki spesifikasi menyelam maksimal 500 meter.

Kapal diduga hilang kontak karena terjadi black out saat melakukan penyelaman statis. Black out ini menyebabkan kapal kehilangan kendali dan tidak bisa melakukan prosedur kedaruratan.

TNI AL memastikan kapal selam dalam kondisi aman saat melakukan penyelaman.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan berdasarkan laporan sementara, KRI Nanggala-402 hilang kontak 60 mile dari perairan Bali.

Akhir Kata

Itulah informasi yang dapat mimin sampaikan kepada sobat semua mengenai hilangnya kapal nanggala 402. Semoga dengan adanya informasi singkat ini bisa bermanfaat bagi semuanya

Sumber : cnnindonesia.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *